Mengenal Lebih Dekat Istilah-istilah yang Ada di Bandara

Untuk menjadi pilot tidak hanya mampu berbahasa Inggris, tapi seorang pilot harus bisa belajar dan mengenal hal-hal yang lain salah satunya seperti bagian-bagian atau istilah yang ada di bandara. Untuk satu ini sangat penting bagi seorang pilot harus mengetahuinya karena bandara merupakan bagian penting di dunia penerbangan. Yang mana bandara merupakan tempat dimana penumpang akan naik dan terun dari pesawat. Jika seorang pilot tidak tahu istilah-istilah yang ada di bandara, bisa-bisa ketika mendapatkan informasi untuk parkir pesawat merasa kesulitan untuk mencarinya dan bisa saja terjadi tabrakan saat parkir. Semua ini dapat disebabkan karena Anda sebagai seorang pilot belum tahu lebih dekat dengan istilah-istilah di bandara. Oleh karena itu, berikut ini yang harus Anda ketahui mengenai istilah-istilah yang ada di bandara.

ATC (Air Traffic Controller)

Istilah yang harus Anda ketahui di bandara yaitu ATC (Air Traffic Controller). ATC bisa dikatakan sebagai penyedia pelayanan yang mengatur jalannya lalu lintas di udara terutama untuk pesawat terbang agar tidak terjadi tabrakan antara pesawat satu dengan lainnya. Tujuan dari adanya ATC (Air Traffic Controller) tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk memantau semua kegiatan di dalam dunia penerbangan agar pesawat tidak saling dekatan yang dapat menyebabkan tabrakan. Selain itu, ATC sebagai tempat untuk mengatur kelancaran penerbangan, membantu pilot disaat darurat, memberikan berbagai informasi, dan lain sebagainnya. Orang-orang yang ada di ATC ini menjadi rekan dekat bagi para pilot karena semua informasi yang ada baik dari ATC atau juga pilot akan diinformasikan kepada pilot dan para petugas yang ada di ATC.

Apron

Istilah berikutnya yang harus diketahui di bandara penerbangan adalah apron. Apa itu apron? Istilah satu ini di bandara penerbangan yaitu sebagai tempat parkir pesawat-pesawat terbang. Di tempat inilah sebagai tempat untuk menaikan atau juga menurunkan penumpang. Selain itu, fungsi dari apron juga sebagai tempat untuk mengisi bahan bakar pesawat. Untuk Anda yang belum tahu mengenai istilah apron di bandara, bahwa apron itu merupakan tempat dimana digunakan sebagai tempat parkir.

Runway

Untuk melakukan take off atau juga landing, pilot tidak boleh sembarangan karena semuanya telah memiliki peraturan yang harus dipenuhi oleh seorang pilot. Ini semua dilakukan untuk mencegah hal buruk yang dapat menimpa. Adapun istilah yang harus diketahui di bandara mengenai tempat take off dan landing yaitu runmay. Tempat ini sebagai bagian yang ada dibandara dan digunakan sebagai tempat untuk mengambil ancang-ancang ketika pesawat akan melakukan take off atau juga sebagai tempat landing. Biasanya untuk tempat satu ini dibuat khusus seperti jalan dan hanya bisa digunakan untuk satu pesawat saja sehingga harus bergantian.

Taxiway

Istilah terakhir yang harus diketahui pilot mengenai bagian yang ada di bandara yaitu taxiway. Taxiway merupakan jalan penghubung antara landasan pacu dengan perlataran pesawat atau apron, kandang pesawat, terminat, dll. Tujuan adanya taxiway di bandara penerbangan sangat penting karena dengan adanya taxiway dapat membuat pesawat  berjalan menuju tempat parkir (apron) bisa berjalan baik dan aman sehingga tidak mengganggu pesawat lainnya.

Untuk Anda yang ingin menjadi pilot sebaiknya untuk mengetahui istilah-istilah yang ada di bandara. Bukan tidak mungkin, dengan Anda mengetahui istilah yang ada dapat membuat Anda lebih mudah mendapatkan arahan ketika telah menjadi pilot. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *